Edukasi pemanfaatan media sosial untuk berbisnis pada siswa SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong

Education of social media use for business to student in SMA Negeri 2, Sorong Regency

Authors

  • Nur A. Khairunisa Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Sorong, Indonesia
  • Sabaria Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Sorong, Indonesia
  • Tri Danuwijaya Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46549/igkojei.v4i3.403

Keywords:

Instagram marketing, Bisnis online, Media sosial, Social media , Online business

Abstract

ABSTRACT 

Social media is an important tool for almost all lines in society, including being used for business. This community service program is motivated by the large number of students who own and use social media, and mostly only as a channel to communicate with friends and family. In fact, the function of social media has become increasingly widespread, including for business purposes. This community service program aims to add to the positive benefits of social media owned by SMA Negeri 2 Sorong Regency students, namely for online business activities. Discussion of social media in this activity was limited to Instagram. This educational activity is carried out in the form of lectures and questions and answers. The results of this community service activity received a positive response from the students, this was shown by the enthusiasm of the students in participating in this lecture and the many questions asked by students regarding the use of social media for doing business. 

Keywords: Instagram marketing; Online business; Social media

 

ABSTRAK

Media sosial adalah sarana penting pada hampir semua lini dalam masyarakat, termasuk dapat dimanfaatkan untuk berbisnis. Program pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi oleh banyaknya para siswa yang memiliki dan menggunakan media sosial, dan kebanyakan hanya sebagai saluran untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Padahal sebenarnya fungsi media sosial telah menjadi semakin luas, termasuk untuk  sarana berbisnis. Program pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk menambah manfaat positif dari media sosial yang dimiliki siswa-siswi SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong, yaitu untuk kegiatan berbisnis online. Pembahasan media sosial dalam kegiatan ini hanya terbatas pada instagram. Kegiatan edukasi ini dilakukan dalam bentuk ceramah dan tanya jawab. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini mendapat respon positif dari para siswa-siswi, hal ini ditunjukkan oleh antusias para siswa-siswi dalam mengikuti ceramah ini dan banyaknya pertanyaan yang diajukan para siswa terkait pemanfaatan media sosial untuk berbisnis.

Kata kunci: Bisnis online; Instagram marketing; Media sosial

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur A. Khairunisa, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Sorong, Indonesia

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Kabupaten Sorong, Jalan K.H. Ahmad Dahlan No.1, Mariat Pantai, Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, 98418, Indonesia

Sabaria, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Sorong, Indonesia

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Kabupaten Sorong, Jalan K.H. Ahmad Dahlan No.1, Mariat Pantai, Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, 98418, Indonesia

Tri Danuwijaya, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Sorong, Indonesia

Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Kabupaten Sorong, Jalan K.H. Ahmad Dahlan No.1, Mariat Pantai, Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, 98418, Indonesia

References

Alfira, Bharata, W. dan Sanjaya, A. 2021. Media sosial marketing pada instagram Shopee Indonesia dan pengaruhnya terhadap costumer enggement serta brand image. I-JIEF: Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance, 1(2): 95-104

Helianthusonfri J. 2021. Belajar Social Media Marketing. Cetakan ketiga. Penerbit PT Elex Media Komputinda, Kompas Gramedia, Jakarta.

Kusuma, D.F. dan Sugandi, M.S. 2018. Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital yang Dilakukan oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi, 3(1): 18-33

Muslihah, F. 2018. Pengaruh social media marketing instagram terhadap keputusan pembelian produk fashion dalam pandangan Islam (Studi kasus pada mahasiswa FEBI UIN Raden Intan Lampung angkatan 2014-2016). Skripsi: Program studi : Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Saraha, K.S., Hurriyatib, R., dan Hendrayatic, H. 2021. Analisis Social Media Marketing melalui Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Clothing Linkswear. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 12(3): 412-428.

Sukron, M. 2021. Pengaruh social media marketing instagram terhadap keputusan pembelian konsumen pada toko Batik Al=Fath Kot Jambi. Skripsi: Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuffin, Jambi.

Untari, D. dan Fajariana, D.E. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2): 271-278.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Khairunisa, N. A., Sabaria, & Danuwijaya, T. . . (2023). Edukasi pemanfaatan media sosial untuk berbisnis pada siswa SMA Negeri 2 Kabupaten Sorong: Education of social media use for business to student in SMA Negeri 2, Sorong Regency. IGKOJEI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 119–125. https://doi.org/10.46549/igkojei.v4i3.403

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.